HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP TRIBRATA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KOTA BENGKULU
Abstract
Kepuasan pasien adalah suatu tingkat kepuasan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini mengunakan Survey Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat Inap di ruangan Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu pada Juni- Juli tahun 2021. Pengambilan sampel dengan teknik Accidental Sampling sebanyak 64 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square untuk semua variabel, untuk mengetahui keeratan hubungan digunakan uji statistik Contingency Coefficient. Hasil penelitian dari 46 pasien terdapat 27 pasien (58,7%) yang mengatakan bahwa mutu pelayanan diruang rawat inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu bermutu; Dari 46 pasien terdapat 26 pasien (56,5%) yang mengatakan puas dengan pelayanan diruang rawat inap Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu; Ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu. Diharapkan kepada pihak Rumah Sakit Bhayangkara Kota Bengkulu agar senantiasa meningkatkan pelayanan guna tercapainya kepuasan pasien, khusunya pada pasien rawat inap.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Pasien, Tingkat Kepuasan
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Y. (2017). Hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasaan pasien di ruang rawat inap interne rsud dr. Rasidin padang tahun 2017. The shine cahaya dunia s-1 keperawatan, 2(1).
Andriani, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45-52.
Andoko, A., Norman, H., & Novalina, D. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat K Epuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Way Halim Kota Bandar Lampung Tahun 2018. Holistik Jurnal Kesehatan, 12(2), 92-102.
Azwar. (1996). Program menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Butar-Butar, J, & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50-63.
Dewasari, R., & Tresia, L. (2020). Tinjauan Indeks Kepuasan Masyarakat di Loket Pendaftaran Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara TK III Kota Bengkulu Tahun 2019. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 5(1).
Dinkes Kota Bengkulu, (2020). Profil Kesehatan Kota Bengkulu 2018. Bengkulu: Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.
Juwita, G. S., Marlinae, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2).
Klaipetch, P. (2016). Nursing quality management (Paper presented at visiting study program of quality nursing service with international standard of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University). Bangkok: Faculty of Madicine Siriraj Hospital, Mahidol University.
Mutiara, H., Mayasari, D., Fattima, E. T., & Saputri, C. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Degan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr. H. Abdul Moeloek. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 2(1), 31-36.
Pohan, I, S. (2006). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan.Jakarta : EGC
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(2), 270-277.
Satria Negara M. F tahun 2014, organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan. Jakarta: Selemba Medika 2014.
Syafrudin, Masyitoh & Mosyanawati . (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Untuk Bidan. Jakarta : Trans Info Media
Wijono, D . (2000). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press
DOI: https://doi.org/10.37638/jsk.29.2.28-34
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Khairani, Susilo Wulan, Medo Azhari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL SAINS KESEHATAN indexed by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Mail : Jalan Raya Hibrida No. 3, Sido Mulyo, Gading Cempaka, Sido Mulyo, Bengkulu, Kota Bengkulu, Bengkulu 38229Telp :(0736) 25091 Fax (0736) 23703
email: jsk@stikestrimandirisakti.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License