HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN LOYALITAS MEMANFAATKAN KEMBALI JASA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SAWAH LEBAR KOTA BENGKULU
Abstract
The Relationship between Patient Satisfaction with Loyalty in Using Health Services in Sawah Lebar Public Health Center Bengkulu
ABSTRAK
Puskesmas merupakan salah satu dari sekian banyak sarana kesehatan yang dimanfaatkan masyarakat. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat dan berperan dalam menjalankan pelayanan dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah kunjungan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah hubungan antara kepuasan pasien dan loyalitas penggunaan kembali layanan kesehatan Jenis penelitian ini bersifat cross sectional. Populasi berjumlah 12.234 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan didapatkan jumlah sampel sebesar 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah mayoritas responden (62,0%) yang tidak puas, mayoritas responden (59,0%) bersikap loyal, dan ada yang hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dan loyalitas penggunaan kembali layanan. Penelitian ini bisa menjadi acuan untuk memperbaiki perawatan kesehatan yang lebih baik dan pelayanan kesehatan yang prima.
Kata Kunci : jasa pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, loyalitas.
ABSTRACT
Public health center (PHC) is one of the many health facilities utilized by people. PHC is a health-care facility closest to the community and to have a role in running basic services. The problem in this research was the decline in the number of patient visits. The purpose of the study was the relationship of patient satisfaction and loyalty reuse of healthcare service This type of research was cross sectional. A population total was 12.234 people. Teknik sampling was simple random sampling and sampel total was 100 respondents. Data used in the study was primary data. Analysis of the data in this study used univariate and bivariate analysises. Data analysed with chi square statistic test at signifsticance level of 0.05. The results of this study were the majority of respondents (62.0%) who were not satisfied, majority of respondents (59.0%) were loyal, and that there was a significant relationship between patient satisfaction and loyalty reuse of services. This research can be a reference to improve health care better and excellent health care.
Keywords : health services, loyalty, patient satisfaction
References
Agustiono, R & Sumarno (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika
Anonim. (2011). Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ke 3. Jakarta Binarupa Aksara.
Kemenkes RI. (2013). Sistem Pelayanan Pusat Kesehatan. Jakarta : Kemenkes RI.
Lupiyodi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba
Maya.(2010). Buku Pintar Kehamilan. Jakarta : EGC.
Nirwana. (2007). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja. Jakarta : Ghalia.
Notoatmodjo, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Reneka Cipta.
Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa. Bogor : PT. Penerbit IPB.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Reneka Cipta.
Tjiptono, (2005). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta.
Trimurthy, I. (2008). Analisa Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Memanfaatkan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang
Umar, H. (2008). Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pusaka Utama.
Wijono, D. (2005). Manajemen Mutu Rumah Sakit dan Kepuasan Pasien : Prinsip dan Praktek. Jakarta: CV. Duta Prima Air Langga.
Zahruli. (2006). Pendekatan Mutu dan
anan Kesehatan. Medan : UNHAS.
DOI: https://doi.org/10.37638/jsk.24.2.61-68
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times PDF Turnitin - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Sains Kesehatan
JURNAL SAINS KESEHATAN indexed by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Mail : Jalan Raya Hibrida No. 3, Sido Mulyo, Gading Cempaka, Sido Mulyo, Bengkulu, Kota Bengkulu, Bengkulu 38229Telp :(0736) 25091 Fax (0736) 23703
email: jsk@stikestrimandirisakti.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License